hijabpedia.id merupakan blog yang memberikan informasi menarik.

Kolombia Sita 19.000 Kelapa Berisi Kokain Cair yang akan Diselundupkan ke Italia

Kolombia menyita hampir 20.000 kelapa berisi kokain cair dari lebih dari 500 kantong yang akan dikirim ke Italia. Dilansir , pengiriman kokain itu berhasil dibongkar aparat pada Kamis (27/1/2022) di sebuah pelabuhan di Bolívar, Kolombia. Ribuan barang bukti tersebut ditemukan dalam sebuah kontainer menuju Genoa, Italia.

Menurut siaran pers resmi, petugas anti narkoba menemukan 19.780 butir kelapa di dalam 504 kantong kanvas. "Setelah diperiksa, diketahui bahwa air dalam buah tropis itu telah ditukar dengan kokain cair," kata Kantor Kejaksaan Agung Kolombia dalam sebuah pernyataan. "Dalam hal ini, kelapa dipindahkan ke laboratorium khusus untuk menentukan jumlah obat yang tepat."

Kokain cair merupakan bubuk kokain yang sudah dilarutkan dengan beberapa campuran zat pelarut. Nantinya, kokain dalam bentuk cair akan berubah sendiri menjadi bubuk kokain kembali. Kokain jenis ini lebih sulit dideteksi daripada kokain bubuk biasanya.

Pejabat Kolombia tengah menyelidiki dalang di balik penyelundupan 19.000 kelapa kokain ini. Penyelidik mengatakan, mereka telah menghubungi pihak berwenang Italia dan bekerja sama untuk mengungkap penerima ribuan narkotika ini. Jumlah kokain di dalam kelapa belum dirilis, tetapi sampel kelapa telah dikirim ke laboratorium untuk analisis lebih lanjut.

Melarutkan kokain bubuk adalah teknik umum bagi penyelundup narkoba karena mudah disamarkan. Salah satunya yakni menggunakan media buah. Pada 2016 lalu, petugas bandara Hong Kong menyita hampir 100 buah naga yang disuntik dengan kokain cair senilai lebih dari satu juta dolar AS.

Kokain cair itu ditemukan setelah petugas bea cukai di Bandara Internasional Hong Kong memeriksa sekitar 2.000 buah naga yang tiba dari Kolombia. Setelah empat jam pemeriksaan, petugas menemukan 98 buah naga yang berlubang. Teknik umum lainnya yakni dengan membawanya menggunakan media botol.

Pada tahun 2019, pihak berwenang di Bandara Antarbenua George Bush di Houston menyita kokain cair senilai sekitar 35 pon di dalam 24 wadah sampo. Isi di dalam botol sampo tersebut bernilai lebih dari $400.000, menurut rilis dari US Customs and Border Protection (CBP).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.