hijabpedia.id merupakan blog yang memberikan informasi menarik.

Begini Cara Menaikkan Trombosit Paling Ampuh

Apakah Anda sering mengalami pendarahan di gusi atau hidung dan jika terluka, darah sulit berhenti? Hati-hati! Itu salah satu ciri rendahnya trombosit dalam tubuh. Maka dari itu, Anda harus mengetahui cara menaikkan trombosit.

Trombosit merupakan sel darah yang memiliki peran utama dalam proses pembekuan darah. Kumpulan trombosit akan menggumpal lalu menghentikan pendarahan. Ada sekitar 150.000 sampai 450.000 keping trombosit per mikroliter ada dalam tubuh dalam jumlah normal. Jika jumlahnya kurang dari itu, maka Anda patut waspada.

Jangan menyepelekan hal ini sangat berbahaya apabila dibiarkan, dapat mengganggu kerja organ tubuh lain sehingga bisa menyebabkan malah lainnya. Berikut beberapa cara menaikkan trombosit dalam tubuh yang efektif, yuk disimak!

Cara Menaikkan Trombosit Paling Ampuh

Begini Cara Menaikan Trombosit Paling Ampuh
1. Mengonsumsi Makanan yang Kaya Vitamin
Ikan, susu, keju adalah makanan dengan vitamin B-12 yang tinggi. Mangga, jeruk, nanas, lemon mengangandung vitamin C. Telur, juga termasuk makanan yang dianjurkan karena terdapat vitamin K di dalamnya.

2. Makanan Sehat Kaya Akan Folat dan Zat Besi
Folat merupakan nutrisi yang penting untuk memproduksi sel darah merah dan trombosit. Salah satu contoh makanan mengandung folat adalah bayam, kacang polong, hati sapi. Sedangkan sayuran hijau dan buah delima, kentang mengandung zat besi. Zat besi sangat sangat baik untuk meningkatkan trombosit secara alami.

3. Meminum Suplemen Melatonin
Suplemin ini tersedia dalam bentuk tablet, cair maupun pil. Dapat membantu meningkatkan trombosit namun, harus dengan anjuran dokter. Anda tidak boleh sembarangan meminum obat tertentu, karena ada beberapa obat yang malah menghambat produksi trombosit. Contohnya, ibuprofen dan aspirin.

4. Daun Pepaya
Siapa sangka jika daun pepaya yang sangat pahit saat dimakan, ternyata memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan jumlah trombosit? Daun pepaya banyak mengandung alkaloid, fenol, flanoid juga antioksidan yang dapat menstabilkan sel darah merah. Bagi Anda yang tidak suka rasa pahit daun pepaya, tenang saja sekarang sudah tersedia dalam bentuk suplemen yang rasanya tidak pahit.

5. Perbanyak Minum Air Putih
Selain baik bagi kesehatan seluruh tubuh, air putih juga mengandung protein yang dapat menghasilkan lebih banyak sel darah dan mendorong produksi trombosit. Kurangi mengonsumsi kopi, minuman bersoda juga teh.

6. Rumput Gandum
Nama lain dari rumput gandum adalah wheatgrass, tanaman ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan jumlah trombosit, sel darah merah juga putih, karena banyak mengandung klorofil dengan struktur mirip hemoglobin dalam darah.

Anda bisa olah rumput gandum menjadi jus dengan sedikit campuran lemon.

5. Wortel
Ternyata wortel tidak hanya bisa menjaga dan meningkatkan penglihatan. Wortel juga dapat menjaga jumlah trombosit dalam tubuh Anda tetap normal.

6. Buah Kismi
Buah yang ukurannya terbilang kecil ini, selain rasanya enak dan manis ternyata banyak manfaatnya untuk memperkuat tubuh saat sedang menormalkan jumlah trombosit.
Anda bisa sarapan dengan kismis desertai oatmeal bahkan yoghurt.

7. Menjaga Pola tidur
Semua akan percuma jika jam tidurmu masih semrawut. Kurangi begadang dan mulai jadwal waktu istrihatmu. Istirahatlah dengan cukup. Dengan begitu, trombosit akan terproduksi dengan baik.

Tentu saja Anda dan kita semua ingin memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari segala penyakit yang disebabkan oleh rendahnya jumlah trombosit. Maka dari itu ayo ubah pola hidup kita menjadi lebih sehat!

Itulah tujuh cara menaikkan trombosit dalam tubuh yang paling efektif untuk dilakukan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.