hijabpedia.id merupakan blog yang memberikan informasi menarik.

Bantuan Sembako Cair Secara Tunai, Simak Cara Cek Penerima BPNT Rp600 Ribu, Cairkan Lewat Kantor Pos

Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, kembali menegaskan kebijakan pemerintah menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Program Sembako secara tunai. Risma menekankan, kebijakan penyaluran bansos dalam bentuk tunai sudah sesuai dengan regulasi yang ada. Satu di antara regulasi yang mengatur adalah Perpres Nomor 63 tahun 2017 tentang Penyaluran Bantuan Sosial Secara Non Tunai.

Pada Pasal 5, terkait mekanisme penyaluran dapat dilakukan dengan cara penarikan uang dan/atau pembelian barang. “Kerja sama dengan PT Pos diharapkan mempercepat penyaluran Program Sembako bulan Januari, Februari, dan Maret,” ujar Risma di Malang, Minggu (13/3/2022), dilansir laman Kementerian Sosial . Mensos mengakui menerima banyak aduan dari masyarakat penerima bantuan yang menerima sembako dengan kualitas kurang baik.

Tidak hanya terkait barangnya, kata dia, namun juga mekanisme di lapangan yang tidak memihak penerima manfaat. Sehingga, Risma menekankan kepada para agen, penyalur, dan distributor yang terlibat dalam Program Sembako agar tidak memaksa penerima bantuan untuk mengambil bantuan pangan secara paket sembako. Penerima bantuan selayaknya mendapatkan bantuan sesuai kebutuhan dan kemauan mereka.

Kemensos bekerja sama dengan PT Pos Indonesia sebagai instansi penyalur BPNT atau Kartu Sembako. Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat menerima bantuan untuk tiga bulan dalam sekali pencairan. BPNT yang dikenal dengan Bantuan Sembako disalurkan Rp 200 ribu per bulan kepada KPM.

Informasi dari akun Instagram Kementerian Sosial @kemensosri, penerima BPNT akan menerima bantuan sebesar Rp 600 ribu, karena pencairan bantuan sembako dirapel tiga bulan sekaligus. Bantuan Sembako periode Januari, Februari, dan Maret 2022 akan disalurkan melalui Kantor Pos. KPM bebas memilih tempat pembelian bahan pangan.

Penerima bantuan sembako tidak boleh dipaksa membelanjakan di salah satu tempat tertentu. Selain itu, tidak boleh melakukan pemaketan bahan pangan yang akan dibeli KPM. Penerima BPNT atau Bantuan Sembako dapat dicek melalui laman cekbansos.kemensos.go.id .

Berikut cara mengecek penerima BPNT: 1. Buka laman ; 2. Masukkan provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa/kelurahan;

3. Masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP; 4. Masukkan huruf kode yang tertera dalam kotak kode; 5. Jika huruf kode tidak jelas, klik icon refresh sebelah kanan untuk mendapatkan kode baru;

6. Klik tombol cari data. Sistem cek bansos Kemensos akan mencari nama penerima manfaat sesuai wilayah yang diinputkan. Diberitakan , pencairan BPNT atau Bantuan Sembako dilakukan melalui tiga metode, yakni:

1. Diantarkan secara langsung oleh petugas Pos ke rumah KPM (door to door); 2. Pembayaran melalui komunitas; 3. Pembayaran melalui Kantor Pos.

Kepada para KPM, Kemensos dan Pos Indonesia mengimbau agar menggunakan dana bantuan sebaik mungkin. "Hendaknya dibelanjakan untuk membeli sembako, tidak untuk beli pulsa atau rokok." "Sehingga diharapkan bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak covid 19," kata EVP Regional 2 Jakarta PT Pos Indonesia, Arifin Muchlis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.